Macam - Macam Komponen Komputer yang Harus Diketahui

By
Advertisement
Macam - Macam Komponen Komputer yang Harus Diketahui - Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan tentang Macam - Macam Komponen pada komputer, dan pastinya anda harus mengetahui apa saja jenisnya..
Udah deh, daripada basa-basi mending to the point aja langsung :p

Komponen-Komponen Komputer

KOMPONEN DI DALAM CPU:


MOTHERBOARD

Motherboard adalah sebuah komponen komputer tempat menyimpan segala jenis hardware lainnya di dalam case CPU... Motherboard berbentuk seperti papan yang saya umpamakan seperti batang pada tumbuhan (mudah mudahan bener deh perumpamaanya :D).
Jadi hardware yang ada di dalam CPU itu di simpan di motherboard.. Tau engga apa aja macam hardware CPU? macamnya itu kaya: VGA, Processor, RAM, Harddisk dsb.

PROCESSOR

Apa benda yang mengatur memori, kontrol, serta logika pada manusia? jawabannya adalah otak!
Processor dalam komputer itu mirip seperti otak pada manusia... karena Processor memiliki beberapa kesamaan dengan otak. Contohnya: Processor terdiri dari 3 bagian yaitu:

ARITMATICS LOGICAL UNIT  (ALU) yang berfungsi untuk menghitung, logika dsb
CONTROL UNIT (CU) yang berfungsi untuk mengkontrol seluruh proses dalam komputer
MEMORY UNIT (MU) yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi

Ke tiga bagian tersebut juga merupakan fungsi yang sama seperti otak manusia.
Processor terletak pada salah satu socket di motherboard dan bisa di ganti dengan processor lain ASALKAN socket yang digunakan sama.
Processor merupakan chip yang sering disebut "Microprocessor" yang dalam dunia modern seperti sekarang, ukurannya telah mencapai Gigahertz (GHz).
Processor yang paling baik diyakini berasal dari merk AMD dan Intel yang memang bersaing ketat :/

RAM

RAM yang merupakan singkatan dari Random Access Memory adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi menyimpan berbagai data dan instruksi program. Berbeda dengan tape magnetik atau disk yang mengakses data secara berurutan, isi dari RAM dapat diakses secara random atau tidak mengacu pada pengaturan letak data. Data di dalam RAM bersifat sementara, dengan kata lain data yang tersimpan akan hilang jika komputer dimatikan atau catu daya yang terhubung kepadanya dicabut.
RAM biasa juga disebut sebagai memori utama (main memory), memori primer (primary memory), memori internal (internal memory), penyimpanan utama (primary storage), memory stick, atau RAM stick. Bahkan terkadang orang hanya menyebutnya sebagai memori meskipun ada jenis memori lain yang terpasang di komputer.
RAM merupakan salah satu jenis memori internal yang mendukung kecepatan prosesor dalam mengolah data dan instruksi. Dengan menggunakan tambahan RAM ke dalam komputer dapat menghasilkan pengaruh positif pada kinerja dan kecepatan komputer, meskipun RAM sebenarnya tidak menentukan kecepatan komputer.
Modul memori RAM yang umum diperdagangkan berkapasitas 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, dan 4 GB.
Kalau soal merk sih saya ga begitu ngerti tentang RAM.. (maafkan pemirsah :|))

VGA

VGA itu sebenernya singkatan dari Video Graphics Accelerator yang berfungsi mengolah data graphis untuk ditampilkan pada layar monitor, VGA juga punya processor loh.. biasanya sih processornya disebut GPU (Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Buat desain grafis dan game yang high end, kalian perlu kartu grafis yang berdaya tinggi.
Kalau soal VGA, ada 2 yang bersaing.. yaitu: NVidia sama ATI Radeon

SOUND CARD

Sound Card adalah perangkat keras computer yang berfungsi untuk mengolah data berupa audio atau suara. Sound Card dibedakan menjadi dua jenis berdarsarkan fisiknya:
Sound Card On Board
Merupakan fasilitas audio yang sudah terpasang pada motherboard berbentuk chipset dan kinerja sound card on board masih membutuhkan bantuan prosesor utama. Sound card on board dapat ditemui pada hamper semua jenis motherboard. Jika kita hanya membutuhkan sound card untuk musik, sound card tipe ini merupakan pilihan yang baik.  

Sound Card PCI
Merupakan sound card yang dipasangkan pada slot PCI motherboard. Sound card tipe ini memiliki keunggulan pada kualitas yang dihasilkan. Jika hanya digunakan untuk keperluan standard, seperti mendengarkan musik, sound card tipe ini terlalu mahal. Namun jika kita menggunakannya untuk bermain game berat atau untuk kegiatan rekam suara, sound card tipe ini merupakan pilihan yang tepat.

Tapi setau saya sih hardware yang satu ini engga begitu penting walaupun cukup penting sebenernya..
engga kenapa-kenapa walaupun engga pake hardware ini dalam komputer kalian, tapi tetep sesuai kebutuhan aja

HARDDISK

Harddisk adalah perangkat keras pada komputer yang berfungsi untuk menyimpan data secara menetap. Maksudnya data yang sudah dituliskan ke dalam hard disk ga bakal hilang kecuali dilakukan tindakan penghapusan.
Harddisk ini beda sama RAM, walaupun sama-sama media penyimpanan.. soalnya kalau RAM itu setelah komputer di tutup, datanya akan kehapus.. sedangkan harddisk kan engga

CD/DVD-ROM

CD/DVD-ROM adalah alat yang digunakan untuk membaca cakram CD atau DVD. Pada awalnya, alat ini hanya bisa membaca data saja.Perkembangan teknologi membuat CD/DVD drive dapat menulis atau merekam data pada cakram CD atau DVD.CD-ROM atau DVD-ROM yang sanggup menulis ke cakram CD/DVD disebut CD writer atau DVD writer.
Hardware ini sifatnya engga wajib ada di komputer kok... cuma aja engga enak kalau ga ada hardware ini.. (masa komputer jaman sekarang ga bisa muter DVD gara-gara ga ada DVD-ROM?) -_-

POWER SUPPLY

Power  supply  adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai  tegangan langsung kekomponen dalam casing yang membutuhkan tegangan, misalnya motherboard, hardisk, kipas, dll. Input power supply berupa arus bolak-balik (AC) sehingga power supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah), karena hardware komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC. Power supply berupa kotak yang umumnya diletakan dibagian belakang atas casing.
Besarnya listrik yang mampu ditangani power supply ditentukan oleh dayanya dan dihitung dengan satuan Watt.
Menurut saya sih Hardware ini wajib banget ada di komputer (biar awet komputernya)

KOMPONEN DI LUAR CPU:


MONITOR

Pengertian monitor adalah suatu alat yang digunakan sebagai output data tampilan grafis pada komputer tersebut. maka dari itu monitor juga sering di sebut sebagai layar tampilan komputer.

Ketajaman gambar yang ditampilkan pada sebuah layar monitor sangat ditentukan oleh resolusi. Tipe-tipe layar atau monitor komputer sekarang sangat beragam, mulai dari bentuknya yang besar yang memiliki layar cembung sampai dengan monitor yang berbentuk tipis dengan layar datar (flat).
Monitor yang bagus itu jaman sekarang disebut LCD (Liquid Crystal Display), merknya banyak... Saya males sebutinnya -_-


KEYBOARD

Keyboard adalah perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dengan berbagai macam fungsi perintah yang selanjutnya dikirim ke perangkat CPU. Keyboard terdiri dari banyak tombol ketik dengan simbol masing-masing. Mulai dari awal ditemukannya sampai sekarang, keyboard sudah mengalami banyak penyesuaian.

MOUSE

Mouse adalah hardware yang dihubungkan ke komputer baik wire (kabel) atau secara wireless (tanpa kabel). Perangkat ini dinamakan mouse karena pada waktu itu piranti ini berbentuk seperti tikus. Disamping itu, kabel yang tersambung dengan mouse yang terhubung dengan komputer bentuknya seperti ekor tikus.

itulah Komponen-Komponen dalam Komputer... Maaf kalau ga lengkap, tapi mudah mudahan bermanfaat ye info dari saya :p

29 comments:

  1. thanks udah share gan" bermanfaat buat ane anakj tkj

    ReplyDelete
  2. Hampir semuanya harus kita ketahui, dan kalau bisa kita kuasai

    ReplyDelete
  3. ouh jadi itu toh masalahnya makasih banyak ya :)

    ReplyDelete
  4. wah ternyata komponen komputer banyak ya gan, yang ane tahu sich baru RAM ama procesor doan,thanks udah berbagi, jadi ngerti ane

    ReplyDelete
  5. lengkap, dan jelas nih sob info nya...
    selain bermanfaat dan juga berguna, sangat detail :D

    ReplyDelete
  6. Thanks infonya gan buat nambah pengetahuan nih

    ReplyDelete
  7. Thanks infonya gan, buat referensi ane nih :D

    ReplyDelete
  8. kwkwkwwkwk ane bukan jurusan komputer :v

    ReplyDelete
  9. waah ini nih artikel yang bermanfaat :D ane taunya cuma vga sama proccesor doank ;-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. mangkanya perbanyak info gan, baca di artikel ini :p

      Delete
  10. kebetulan ane kurang tau dalemannya komputer, makasih gan infonya :D

    ReplyDelete
  11. bermanfaat bgt gan buat nambah ilmu

    ReplyDelete
  12. Semuanya ini harus kita ketahui tetapi tidak mudah untuk menghafalnya satu per satu dan butuh waktu lama untuk mengahafal komponen komputer sedangkan gue belum afal banget sama yang namanya komponen komputer :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. terserah agan mau dihafal atau engga... ya, kalau dianggap informasi ini berguna dan bermanfaat silahkan di hafal aja gan :D
      kalau agan niat ngafalinnya insyaallah bakal bermanfaat dan engga butuh waktu lama ngehafalnya

      Delete
  13. Wih Ternyata Banyak Juga Komponen Komputer Makasih Gan Info Nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal masih ada lagi sebenernya, cuma capek nulisnya

      Delete
    2. Semangat gan..
      Walaupun cuma itu sudah bermanfaat dan bagus artikelnya......

      Jangan lupa kunjungi halaman ini
      http://mesinantrianmakingsolution.blogspot.co.id
      http://alatskpberkualitas.blogspot.co.id
      --------------------------
      IT Marketing
      PT Cendana Teknika Utama
      0813 1020 7780

      Delete