Tips Meringankan Loading Blog Dengan Ampuh

By
Advertisement
tips meringankan loading blog dengan ampuh


Tips Meringankan Loading Blog Dengan Ampuh - "The web should be fast." kira-kira begitulah slogan Google.Inc tentang pentingnya kecepatan akses pada sebuah blog. Akses yang cepat pada Blog itu sangatlah penting, bahkan merupakan yang terpenting ke-2 setelah kualitas dan kuantitas dari artikel yang berada pada suatu Blog menurut saya. Untuk dapat membuat Blog dengan akses yang cepat, tentunya kita perlu mengikuti aturan yang telah menjadi standar Google. Salah satu standarnya adalah menjadikan Blog kalian sebagai Blog yang SEO Friendly. Artinya, Blog yang kalian kelola haruslah mempunyai loading yang cepat dan artikel berkualitas, sehingga membuat user betah di Blog kalian.

Untuk artikel berkualitas, itu adalah tugas kalian sendiri dalam menentukan artikel mana yang baik untuk di posting, dan mana yang tidak layak untuk di posting. Percaya saya, artikel itu sepenuhnya adalah kemampuan sang Webmaster dalam membuatnya, tidak ada tips dan trik khusus dalam membuatnya.. Kalaupun ada, itu juga masih harus bergantung kepada kalian sebagai Webmaster dalam menentukan artikel nantinya.

Oleh karena itu, saya di sini hanya akan memberi Tips Meringankan Loading Blog Dengan Ampuh. Perlu di ingat, tips ini adalah cara saya sendiri (Raihan Jr) dalam meringankan loading blog. Kalau kalian tidak yakin karena keliatannya Blog ini saja loadingnya berat, apalagi tipsnya.. Kalian boleh Check di GTmetrix. Silahkan dilihat scorenya berapa :p. Memang tidak terlalu baik sih, tapi tidak cukup mengecewakan juga kan? Baiklah, kita mulai saja daripada bertele-tele.

Optimasi Template Kalian

Optimasi seperti apa dulu nih? Ya di optimasi... Template yang kalian gunakan itu biasanya banyak widget-widget mubazir yang membuat loading blog lambat. Contoh saja: Widget Followers. Memang Widget ini cukup berguna bagi para Blogger, tapi setelah saya teliti, Widget ini cukup menguras kuota juga saat mengunjungi Blog (karena gambar para Followers). Untuk itu, sebaiknya pakai Widget 'Join This Site' yang tidak memakai foto para member Blog kalian. Lagian kalian buat apa sih pakai widget Followers dengan foto para member dan jumlah dari para member kalian? Kalau memang ingin pamer jumlah Followers, itu ga begitu berguna sob. Mending di ilangin foto membernya.
Oh iya, Optimasi ini berguna bagi semua Widget, tidak hanya Followers saja, tapi juga ada Widget seperti: Popular Posts dengan thumbnail yang terlalu banyak, aksesoris blog, dan lain sebagainya.

Kurangi Properti background-image

Seperti yang kita tau lah ya, gambar pada blog itu sangat mempengaruhi cepat lambatnya loading suatu Blog. Semakin banyak gambar, biasanya loadingnnya pun semakin berat. Nah, di setiap template ini biasanya banyak sekali properti background-image. Bagi kalian yang punya background-image seperti itu yang cukup banyak terdapat pada template kalian, segera hapus saja beberapa di antaranya. Ingat! saya tidak mewajibkan untuk menghapusnya.
Dengan menghapus beberapa properti tersebut, dan mempertahankan beberapa di antaranya, kalian kini sudah bisa menyeimbangkan antara SEO dan Design Blog.
Oh iya, 1 lagi, sebaiknya background pada template yang boxed (tidak full width, karena kalau full width kurang memungkin kan untuk pakai background) itu dihapus saja bila ada gambarnya, dan silahkan ganti dengan warna. Saya menyarankan warna yang sesuai dengan bagian dalamnya, sehingga terlihat seperti full width.

Gantikan peran jQuery dengan CSS3

jQuery itu cukup memakan banyak waktu saat loading blog. Ada baiknya bagi kalian untuk menghapus beberapa jQuery yang perannya dapat digantikan dengan CSS3. Mengingat CSS3 kini sudah sangat canggih juga, sehingga dapat menggantikan peran jQuery. Contoh beberapa jQuery yang kurang berguna: Menu dropdown yang ada pada beberapa template, ada baiknya kalian pakai menu dropdown yang sama sekali tidak menggunakan peran jQuery (Pure CSS) seperti pada menu dropdown yang saya buat ini: Membuat Menu Dropdown Simple (Pure CSS). [Untuk demo langsung, silahkan lihat pada menu DI ATAS Header saya..]
Ingat sekali lagi, CSS3 itu canggih!

Desain Blog seperlunya

Desain Blog berlebihan itu kurang baik sob, walaupun cukup memanjakan mata juga. Tapi coba kalian ingat slogan Google, "The web should be fast." yang artinya kalian harus mengutamakan SEO ketimbang Desain Blog. Pertanyaannya, seperti apakah Desain Blog yang 'seperlunya' itu? Maksudnya itu, mendesain Blog dengan mengutamakan bagian bagian yang penting saja... Jadi kesannya Minimal gitu lohh.
Contoh desain Blog seperlunya: Responsif, Tidak banyak Widget, mengikuti standar Google dan Yahoo, User Friendly, SEO Friendly, dan masih banyak lagi. Untuk selengkapnya silahkan cari di Google saja :)



Untuk Tips pokoknya mungkin hanya ada 4 dari saya, karena sisanya jarang saya gunakan... Masih ingin tau tipsnya? walah, yaudah deh, ini tips yang saya rasa jarang atau mungkin berguna untuk digunakannya:

-Minify CSS, Javascript, dan HTML
-Gunakan Font Awesome untuk menggantikan gambar kecil
-Minta peendapat para mastah :D
-Compress ukuran gambar sebelum di upload
-Leverage Browser Caching (untuk yang ini, saya belum nemuin caranya bagi platform Blogger)
-Reduce Page Size dan Total number of request

Cukup sekian dulu Tips Meringankan Loading Blog Dengan Ampuh dari saya. Mudah-Mudahan bermanfaat :D
Sekian, Wassalam

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete