Isi Ulang Baterai Gadget Dengan Efisen dan Aman

By
Advertisement
isi ulang baterai smartphone, laptop, aman efisien


Isi Ulang Baterai Gadget Dengan Efisen dan Aman - Baterai di isi ulang emang kadang-kadang suka ngeselin juga sih... Apalagi baterai Smartphone, yang udah terkenal dengan keGarangannya menghabisi daya pada baterai. Sebenernya ada beberapa alasan yang bikin ngeselinnya itu, diantaranya:

- Baterai di isi ulang, tapinya malah jadi panas
- Engga jalan
- Lama penuhnya

Buat alasan yang pertama sih udah jelas faktornya apa ya... yaitu kalian pasti mainin gadgetnya pas lagi di isi ulang (ngaku aja :p). Atau mungkin kalau bukan itu alasannya, berarti Socket atau Adapternya (Adapter sama Adaptor sama aja) bermasalah... Atau mungkin juga bisa jadi karena gadgetnya.

Untuk alasan yang kedua itu mudah sekali, tandanya kalian belom sambungin gadgetnya ke adapter sob. v._.

Nah, untuk yang ke-tiga ini nih yang bakalan di bahas oleh Tektanologi. Gadget yang lama penuhnya saat di isi ulang itu ada beberapa faktor yang mempengaruhinya sob.
Saya ga akan bahas di sini tentang faktor-faktor itu. Yang jelas, kalau kalian pengen cepet (efisien) ke isi ulang dan aman saat nge-charge gadget kalian, ikutin aja tips dibawah ini nih:

Jangan Dimainkan!

Ya saya tau sih ya, yang namanya remaja atau orang dewasa, kebanyakan jaman sekarang suka mainin gadgetnya pas lagi di isi ulang. Entah kebutuhan main game, nonton.... 'movie' , atau chatting dan OTP-OTPan. Tapi tetep aja ga boleh dimainin! Tau sendiri deh alasannya..
Dan asal kalian tau juga bro sis. Memaikan gadget saat di isi ulang itu salah satu penyebab terbesar bocornya baterai dalam gadget itu.

Gunakan Charger Originalnya

Entah kenapa, kalau pake charger yang KW perasaan lama banget ya penuhnya itu baterai.. Ya saya saranin aja, mending make charger Ori aja, daripada yang KW... Soalnya dari harga aja udah beda, apalagi kualitasnya.... Kualitasnya itu beda jauh.. Mau dijelasin? nih, Kalau Charger Original Pabrikannya itu biasanya udah punya spesifikasi yang 'pas' buat si gadgetnya.. Sedangkan yang KW, ya kalian tau lah gimana.
Sekedar pengetahuan: Kalau charge lewat komputer atau laptop, tapi lama ke-isinya... berarti charger kalian beda versi sama USB Portnya.. (bisa aja Charger kalian USB 3.0, sedangkan koputernya punya Port USB versi 2.0)

Pake Airplane Mode

Mblo, Saya pernah waktu dulu nge-airplane HP saya selama 2 hari.. dan hasilnya cukup memuaskan. Baterai yang tadinya sekitar 80%, jadi masih 67%! (perlu di ingat, saya diemin HPnya selama 2 hari, dan sama sekali engga dipake). Kenapa itu bisa terjadi? ya karena kan pas di Airplane Mode itu Paket Data kita engga akan digunain buat internetan dan simcard bener bener mati... otomatis mengurangi daya baterai.
Coba bandingin sama mode Stand-by... Pasti lebih cepet Airplane Mode di isi ulangnya.
Mangkanya, pas ngisi ulang baterai kalian pake Airplane Mode aja daripada pake chattingan...

Usahakan Saat Di Isi Ulang, Baterai Dalam Keadaan Dingin

Menurut pengalaman pribadi saya, kalau baterai kondisinya lagi dingin itu lebih cepet penuh dayanya... pas saya bandingin sama keadaan panas, ternyata beda! ya walaupun engga jauh-jauh amat sih bedanya.
sebenernya cara ini kurang efektif, tapi cukup efisien dan aman.
Note: Ini pengalaman saya sendiri, mungkin bakal beda sama kalian :p

Gunakan USB Y-Cable

menggunakan USB Y-Cable untuk isi ulang gadget aman, efisien


Tau apa itu USB Y-Cable? ituloh yang port USBnya ada 2 biji.... kalian kalau pake itu dijamin deh cepet banget ke isi baterainya... Karena pake alat seperti ini, sama aja kalian 'Double Power' saat mengisi ulang baterai gadget. Tapi cara ini saya tidak anjurkan, soalnya bisa ada kemungkinan kelebihan kuat arus listrik... kalau gadget kalian hanya bisa nerima 1 Ampere tapi chargernya ngasih 2 Ampere gimana?
Ya, Walaupun engga terlalu beresiko. Tapi saya saranin hati-hati aja.

Udahan dulu, mudah-mudahan bermanfaat tipsnya... :D

0 comments:

Post a Comment